Kamis, 04 Juni 2015

Waspada Bila Ada Benjolan Di Leher

Benjolan di leher merupakan penyakit yang berbagaya karena itu bisa jadi gejala awal dari penyakit lain salah satunya seperti kelnejar getah bening. jadi waspada bila ada benjolan di leher anda. Benjolan di leher sebaiknya jangan sampai diabaikan. Meski tak disertai keluhan nyeri, benjolan mesti terus diperiksakan ke dokter buat mengetahui apakah ada kelainan kepada kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar serupa kupu-kupu di batang tenggorok. Fungsi penting kelenjar itu utk pengaturan metabolisme badan & pertumbuhan otak pula saraf.

Dalam kondisi normal, kelenjar tiroid tak nampak & nyaris tak bisa diraba. Kesukaran tiroid sangat sering dimulai dengan pembesaran kelenjar tiroid yg tak memunculkan nyeri. Seandainya diraba, kelenjar terasa membesar, teksturnya seperti karet tak lembut, kadang terasa benjol-benjol.

Kelainan tiroid dapat disebabkan lantaran kekurangan yodium, infeksi, atau penyakit autoimun. Walaupun awalnya pasien tidak merasakan gejala, penyakit dapat terjadi tetap sampai kondisi jadi nyata & muncul keluhan.

"Ada penyakit hipotiroid yang semakin nyata penyakitnya, semakin tinggi kolesterolnya," kata dr.Imam Subekti, Sp.PD, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dalam program alat edukasi yang diadakan oleh Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) di Jakarta, Selasa (9/10/12).

Warga diinginkan tidak butuh khawatir dapat benjolan di leher bersama mengiranya yang merupakan kanker. Menurut Ketua PERKENI Dr.Pradana Soewondo, Sp.PD, cuma sedikit benjolan di leher juga sebagai kanker. "Makanya butuh dievaluasi oleh dokter apakah benjolan itu dikarenakan keganasan atau pembesaran biasa," kata Pradana.

Pengobatan pembesaran kelenjar tiroid, menurut Pradana, disesuaikan bersama penyebabnya. "Jika dikarenakan hipotiroid sehingga bakal diberikan obat untuk menstabilkan hormonnya. Rata-rata bersama pengobatan kelenjarnya dapat mengecil kembali," menurutnya.

Beliau menyampaikan, kalau pembesaran disebabkan oleh tumor sehingga bakal dilakukan operasi. waktu ini telah sedia metode operasi tidak dengan pisau bedah. 

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di Obat Benjolan Di Leher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar